Siapakah Ompung Raja Uti?

Ompung Raja Uti, Karena kesaktian Ompung siakkangan, disini kita selalu menyebutnya dulu, “Santabi sangap ni Ompu I Op Raja uti”
Jadi selalu dimulai kata Santabi sangap ni Ompu i. Jangan langsung menyebutkan namanya, Karena begitulah Poda orangtua/leluhur dahulunya.

Raja Uti alias Raja Biakbiak alias Gumellenggelleng adalah anak sulung dari Ompu Guru Tatea Bulan yang berasal dari salah satu pusat leluhur Bangsa Batak dari sebuah lembah di tepian Danau Toba di kaki Pusuk Buhit yang dikenal sebagai asal muasal Bangsa Batak.

undefined

Jika diperhatikan dengan seksama gambar diatas, terlihat 7 patung.
Kenapa bisa ada 7..?? karna angka 7 adalah angka Op.Raja Uti dan mengingat sangat saktinya Ompung ini, Karena hanya Ompu Raja Uti yang bisa berubah Ujud hingga 7 Rupa.

Wujud ompung Raja Uti ada 7 dan wujud pertama kalinya adalah tidak punya tangan, tidak punya kaki (seperti terlihat dibawah ketujuh patung diatas, dimana ada sebuah patung yg berada dibawahnya..jadi yg di bawah itulah wujud ompung Raja Uti yg pertama kali seblum ganti wujud menjadi ketujuh rupa diatas)

Yang menarik dari ketujuh patung tersebut ada 2 patung yang memakai bonang manalu (merah-putih-hitam) warna khas kosmologi batak. Dulu orang yg memakai tali2 bonang manalu menandakan bahwa ia seorang Parbaringin. Sebelah kanan ada pohon beringin yg artinya berketurunan lengkap (saur matua) dan Baringin tersebut merupakan gambar atau simbol pengayoman atau panggomgom yg dinamai ‘hariara sundung di langit’ alana daompung ido nampuna HARIARA SUNDUNG DILANGIT dan sebelah kiri Cawan menggambarkan Mulani pangurason nasohaliapan, nasohapurpuran, napituhali malim napitu hali solam.

Ada rentetan cerita yg sangat panjang sampai akhirnya Debata Mulajadi Nabolon MANONGOS / menurunkan UTE TUBU (pangir), DAUPA (pohon Hamijon/kemenyan), DAN DEMBAN TIAR (sirih).
Ketiga hal yg disebutkan diatas memiliki keterikatan / hubungan penggunaan yg tdk bisa dipisahkan (bagi orang yg mengerti).
Kalau untuk Bona ni JAJABI / pohon beringin dipakai oleh raja2 (yg sekarang disebut dgn RAJA BIUS) untuk tempat PARTUKOAN (rapat/ pertemuan) dlm membahas sesuatu permasalahan.

Sebelah kanan ada dua patung yg memakai ulos warna putih, disini janggal keliatannya sebab jarang sekali ulos berwarna putih polos. Ulos jg memakai tiga warna khas batak. Biasanya warna/motif pd ulos juga memberikan ciri dari kelompok dalihan natolu yaitu kelompok hula-hula lebih banyak hitamnya dairpada warna putih & merah, sedangkan untuk dongan tubu lebih banyak putihnya daripada warna hitam & merah dan terakhir kelompok boru lebih banyak warna merahnya daripada warna putih & hitam.

Sebagai keturunan pertama dari Ompu Guru Tatea Bulan, Op.Raja Uti meminta ijin kepada ibunya untuk pergi ke Pusuk Buhit demi memohon kepada Mula Jadi Nabolon agar boleh dia dijadikan menjadi raja diantara saudara-saudaranya karena dia adalah putra yang sulung dan pertama keluar dari rahim ibunya, jadi pantaslah dia yang menjadi raja.
Kemudian lanjutnya, “tapi apa dayaku sebagai orang tak sempurna sebagai manusia yang selalu dianggap remeh oleh saudara-saudaraku.”

Mulajadi Nabolon mengabulkan permintaan Gumellenggelleng dan seketika tubuh Gumellenggelleng berubah menjadi manusia yang sempurna yang memiliki kaki dan tangan bertumbuh normal. Lalu dia diberi kuasa oleh Mulajadi Nabolon menjadi orang sakti yang disebut namanya menjadi Raja Biakbiak.

Setelah Gumellenggelleng disempurnakan menjadi perkasa sebagai Raja Biakbiak maka Mulajadi Nabolon kemudian pergi ke tahtahnya melalui Pusuk Buhit, dan jadilah Biakbiak menjadi raja pertapa sakti.

Setelah sekian lama dalam pertapaannya, Raja Biakbiak dengan percaya diri turun dari Pusuk Buhit hendak menjumpai orangtuanya dan saudara-saudaranya. [trunc]

Karena dia merasa sangat kecewa [trunc], maka dia pergi ke Singkil.
Raja Biakbiak, walaupun bertubuh kate tetapi dia memiliki tubuh sempurna dan memiliki kesaktian tinggi sehingga raja-raja setempat mempersembahkannya istri. Kekuasaannya kemudian membentuk sebuah kerajaan Batak dan dia digelari sebagai Raja Uti karena memiliki utiutian dari Mulajadi Nabolon sebagai kesaktiannya. Kekuasaannya berkembang di Singkil, Kluet dan sampai ke Barus yang ramai dengan perdagangan. Para keturunannya banyak yang menguasai kerajaan laut di pesisir pantai barat Pulau Sumatra bahkan sudah menjalin persahabatan sampai ke pesisir pantai selatan Pulau Jawa.

Tugu Ompung Raja Uti – Lobutua- Andam Dewi (Barus)

Konon menurut cerita turun-temurun, Terpisahnya keturunan Ompu Raja Uti dari pusat peradaban Batak membuat masyarakatnya tidak sepenuhnya melaksanakan tatanan budaya Batak yang disebut ‘habatakon’, disamping mereka berbaur sebagai masyarakat pantai maka mereka telah menghilangkan marganya sebagai salah satu komponen inti peradaban Batak kuno.

Sumber : http://manik.web.id/siapakah-ompu-raja-uti.html

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

17 Responses to Siapakah Ompung Raja Uti?

  1. au beriman pasaribu bondar .horasma di namambaen artikel on,dison au naeng mandok tu ho uda
    ditingki hu banca,adongdo kesalahan2 fatal nahubereng
    1.dang diceritahon hamu tompa ni ompu i sian 1-7hon
    2.sattabi ma di ho ate bapa uda,alai nahuboto jala huporseai,tarsingot didaompung saribu raja dohot dinamboru boru pareme
    hupatangkas ma di son tu ho uda
    dang hea didaompungi dohot dinamborui mangulahon songon na didokmi
    au sebagai keturunan ni ompui,lungun do huilala molo dibaen hamu songonon,jala gabe tung ramun nungnga omping hi di bahen hamu tu angka marga naasing dohot tu angka pinomparna naso mamboto
    husungkun ma jolo tu ho uda
    1.sian dia do dapotmu sejarah ni ompu pai 2i,jala molo adong namanungkun tu hamu
    boi do di pertanggung jawabhon hamu
    di son hu patangkas ma tu ho bapa uda jala ingkon di pasahat ho doon tu angka na so mamboto sejarah ni ompu i
    UNANG MAMBAHEN NASO DIBOTO,ALANA DANG DIBOTO HAMU ISE NADIHATAI MUNA
    MANAT JALA INGOT
    UNANG SANGA TARRIMAS
    SEGA DO NA DAPOT MUNA

  2. andre says:

    hati- hati kalau mulut kalian berbicara n mengarang2 cerita ga benar tentng opung raja pusuk buhit..sottung peol anon babamu na sude..

  3. Raja holong situmorang says:

    mauliate di si berman,sangat setuju atas komentarnya,,,,dang adong hubungan inset antara saribu raja dohot si boru pareme,,, lain waktu akan saya perjelas , benar atau tidak itu terserah anda ,, boi ma di hubungi au di 081396965682,,mauliate

    • simbolonjr says:

      Terima kasih atas infonya, saya sdh menghilangkan paragraph tersebut yg memang adalah copyan dari situs lain. Kalau misal menemukan kalimat tsb dalam blog ini tolong diinfokan linknya yah biar di hapusa juga.

  4. sahat gurning says:

    jolo nidilat bibir asa makkatai, au sada sian ponompar ni Raja Gurning, keberatan dicerita munai na dikarang karangmunai, aha buktina Oppui Raja uti gabe maristri di singkil?unang sangan huboan goarmuna tu oppungi gabe sega hamuna annongan.

  5. simbolonjr says:

    @sahat gurning, terima kasih atas komentarnya. Kalau misalnya ada informasi sejarah dari Oppu ini yang lebih lengkap dan akurat boleh lah di share, biar khalayak umum mengetahui.

    • Asal dibaen hamu do akka cerita i . Sian diado diboto hamu si raja uti lao TU singkil, AU selaku pinoppar Ni si saribu raja dang barani AU makkatahon songoni . Jadi hupangido TU hamu unang asal di buat buat cerita i, mauliate

  6. Silahisabungan says:

    Goarna pe turi-turian jala marsipatorangan unang marsiasangan sahera jagoan.Biasa aja kale

  7. Liat gurning says:

    Mari sama sama kita koreksi,semoga mendapatkan sejarah batak yang mendekati kebenaran karena sejarah batak tidak tertulis seperti kitab suci

  8. Zehtro Pars says:

    Denggan do nian maksud ni lae. laho patuduhon tu sude naso mamboto akka ompu ta na parjolo tubu.
    alai pangidoan,jolo manat lului informasi sian beberapa situs na akurat, unang langsung di copas sude, asa unang pilit niat positif muna i. Gabe komplain ma akka pinompar ni Ompu i kan gabe blog muna do na sega.
    Sekedar masukan do on da lae. lanjutkan tu sejarah Batak na asing..unang gabe putus dison da!
    Massai tung harap do roha nami molo adong karakter na olo patuduhon Sejarah Batak di dunia maya on.

  9. Ingan says:

    Wah knp jd ribet, kalau ada Ɣªήğ salah atau kurang, sebaiknya saling memperbaiki Đoº°˚˚°ºoΏg, kalau berbicara sejarah, byk kesimpang siuran, disinilah berhati bijak kita, saling melengkapi bukan memvonis, kira2 begitu amang natua2. Mauliiate jala horas.

  10. Alex says:

    unang tor marsipeol2 lan hita on,, rampak menggali ma.
    asa porpa pande bosi jumadihon tu dipposna.

  11. raja na bolon says:

    mauliate bahk tuhkk na mambaen artikel on..
    jdi aku tau opung ku sebenarnya

  12. parbaju bosi says:

    besar kemungkinan kerajaan raja uti adalah kerajaan nakur.. yang tercatat dalam naskah2 penulis asing..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s